Di Masa Depan Mobil Akan Menepi Sendiri Jika Sopir Ketiduran

liputan6com/indolinear.com
Jumat, 12 Januari 2018

Indolinear.com, Las Vegas – Hyundai Mobil akan memperkenalkan teknologi baru di Consumer Electrics Show mendatang. Teknologi yang diperkenalkan adalah DDREM (Departed Driver Rescue & Exit Maneuver) yang bertujuan untuk mencegah kecelakaan akibat sopir ketiduran.

Dilansir Liputan6.com (10/01/2018), teknologi ini diklaim dapat menjadi obat mujarab untuk mencegah satu dari lima penyebab kecelakaan terbesar di dunia otomotif. DDREM memanfaatkan kamera infra merah untuk memantau dan menganalisa wajah sopir dan pergerakan mata.

Dengan begitu, sistem tersebut dapat menangkap informasi jika sopir menunjukkan gejala mengantuk. DDREM juga memanfaatkan berbagai fitur pendukung berkendara jika sopir melakukan manuver yang memperlihatkan gejala kelelahan.

Saat DDREM menyimpulkan sang ketiduran, Level 4 autonomous driving mode akan aktif dan mengarahkan mobil ke lokasi yang aman lalu berhenti.

Menariknya, sistem ini menggunakan perangkat yang sudah banyak terpasang di mobil produksi sekarang. Seperti electric power steering, kamera, sensor radar, dan sistem navigasi. Teknologi ini diklaim lebih terjangkau karena sistem autonomous driving hanya bekerja dalam jarak dekat, sehingga sistemnya tidak terlalu rumit. (Uli)

%d blogger menyukai ini: