Delapan Cara Bagaimana Untuk Menjadi Vlogger Hits

brilionet/indolinear.com
Kamis, 28 Desember 2017

Indolinear.com – Vlogging sekarang menjadi alternatif anak muda untuk mengekspresikan dirinya. Vlog atau video blogging ini bisa dilakukan siapapun dan di manapun. Cukup berbekal sebuah kamera dan koneksi internet, kamu bisa membagikan momen penting dalam hidupmu. Mau itu pengalaman jalan-jalan, tanding olahraga, nonton konser, sampai main game bisa kamu jadikan bahan vlog.

Banyak orang yang menjadi hits setelah membagikan vlognya di media sosial. Mereka berasal dari berbagai kalangan, misalnya saja musisi mantan anggota boyband Sma*sh Bisma Karisma, penyiar radio sekaligus mantan pemain acara TV Extravaganza Ronal Surapradja, host acara jalan-jalan petualangan David John Schaap, sampai YouTuber cantik asal Korea Selatan Han Yoo-ra. Mereka juga menjadi inspirasi tersendiri gimana caranya kamu mengekspresikan passion dan kreativitasmu dalam bentuk vlog.

Nah, kamu penasaran gimana caranya biar jadi vlogger hits seperti mereka? Berikut dilansir dari Brilio.net (26/12/2017) delapan rahasia jadi vlogger yang keren.

  1. Belajar dasar-dasarnya.

Sebelum memulai vlogmu, kamu harus tahu dasar-dasarnya dulu. Sebuah vlog yang bagus mempunyai struktur agar penonton nggak cepat bosan. Riset dulu gaya vlog yang cocok untukmu.

Kamu bisa memulai dengan menonton vlogger kesukaanmu. Pelajari gimana mereka memulai sebuah vlog dan menyusun sebuah cerita lewat video. Riset yang mendalam saat memulai vlogging bisa membuatmu pede dalam berkarya.

  1. Siapkan perlengkapan dasar untuk vlogging.

Kamu butuh kamera dan sebuah komputer untuk mengedit video dalam membuat vlog. Kamera beresolusi HD atau lebih bisa membuat kualitas videomu terlihat jernih dan enak dilihat.

Pelajari juga gimana caranya mengatur pencahayaan di kamera yang kamu pakai. Pengaturan untuk kamera profesional seperti DSLR dan mirrorless tentu berbeda dengan kamera saku digital. Secara umum, hanya dengan sebuah kamera, komputer, dan koneksi internet kamu bisa langsung memulai kegiatan vlogging.

  1. Memulai vlogging dengan HP di sakumu.

Tak perlu meminjam kamera profesional seperti DSLR dan komputer canggih untuk memulai kegiatan vlogging. Kamu bisa menggunakan handphone (HP) atau smartphone.

Smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang mumpuni untuk membuat video. Banyak juga aplikasi smartphone yang bisa mengedit video langsung di HP-mu. Nggak perlu repot lagi kan jadinya?

  1. Berlatih berbicara sendiri di depan cermin.

Memulai vlog berarti mengekspresikan dirimu di hadapan orang banyak. Penonton akan melihat aksimu lewat video yang kamu buat. Oleh karena itu, latih dirimu biar nggak canggung di depan umum. Kamu bisa memulai dengan berlatih berbicara di depan cermin. Intonasi dan penekanan suara yang baik bisa membuat penonton vlogmu makin banyak.

  1. Tentukan tema vlog.

Tema sebuah vlog bisa sangat beragam. Pilih satu yang kamu suka. Bila kamu hobi bermain game, kamu bisa membuat vlog berkaitan dengan permainan yang kamu suka. Vlog tentang perjalanan travelling juga banyak peminatnya. Tentukan tema yang asyik dan kamu nikmati. Kalau kamu senang dalam tema yang kamu pilih, penonton juga akan turut bahagia.

  1. Pilih segmen atau target penonton.

Pemilihan penonton harus diperhatikan agar vlogmu makin hits. Seorang beauty vlogger tentunya punya penonton cewek yang penasaran dengan tutorial atau tips kecantikan.

Penonton beauty vlogger tentu berbeda dengan game vlogger. Penonton vlog tipe ini biasanya paham dengan istilah game yang orang awam nggak tahu.

Sebelum memulai vlog, ada baiknya kamu menentukan siapa yang jadi target penontonmu. Hal ini akan membuat videomu lebih fokus dan efektif.

  1. Bersikap ramah dan sesekali ngobrol dengan penonton.

Penonton nggak cuma melihat videomu dan pergi. Mereka bisa meninggalkan komentar dan kesan tentang vlogmu. Karena itu, menjaga agar mereka tetap tertarik sangat penting agar vlogmu lebih hits.

Kamu bisa memulai dengan mengunggah video dengan konten berkualitas secara konsisten. Selain itu, kamu bisa memberikan giveaway atau hadiah kepada penonton. Membuat video bareng vlogger lain juga bisa membuat penontonmu semakin penasaran, lho.

  1. Ikut kompetisi vlogging.

Tak cukup hanya membuat vlog yang keren, kamu juga harus ikutan lomba agar namamu terkenal. Jangan malu duluan, tunjukan bakatmu. Nah, kali ini lagi ada vlogging competition Loop Arena lho. Kamu bisa membuat sebuah video serunya Loop Arena di kotamu. Selain vlogmu jadi hits, kamu bisa menangin GoPro Hero 5 dan total pulsa jutaan rupiah. (Uli)

%d blogger menyukai ini: