Bekasi ke Senayan Cuma 1 Jam Naik Transjabodetabek Premium

tribunnewscom/indolinear.com
Senin, 11 September 2017

Indolinear.com, Bekasi – Perjalanan antara Bekasi-Jakarta yang biasanya ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam, kini hanya memerlukan waktu 1 jam saja.

Perjalanan Bekasi-Jakarta bisa lebih cepat dengan menggunakan Jalur Khusus Angkutan Umum (JKAU) seperti pada uji coba Layanan Transjabodetabek Premium yang digelar Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pagi ini, Kamis (7/9/2017).

”Kami tadinya mentargetklan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Tapi tadi ternyata bila menggunakan jalur khusus bisa ditempuh dengan 1 jam saja,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam keterangannya, usai mengikuti rombongan dalam bus premium ujicoba JKAU.

Bambang Prihartono bersama-sama dengan pihak Korlantas, Jasa Marga, Dewan Transportasi, Perum PPD serta pihak Mega City Bekasi sebelumnya secara langsung membuka uji coba layanan Transjabodetabek Premium dengan melakukan flag off.

Acara flag off yang dilaksanakan di titik pemberangkatan TransjabodetabekPremium, tepatnya depan Mega City Bekasi, mendapat sambutan yang cukup baik dari warga sekitar.

Kini warga Bekasi dapat menikmati fasilitas premium yang terdapat didalam bus ini seperti bus full AC, wifi gratis, charging handphone, seatbelt di setiap kursi serta reclyning seat yang menghadap kedepan sehingga membuat penumpang menjadi lebih nyaman.

Selain itu jadwal keberangkatan yang juga sudah terjadwal.

Uji coba layanan dengan bus premium tahap II ini diharapkan bisa menarik pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah ke angkutan umum. Pada uji coba tahap II ini, mengambil rute Mega City Bekasi menuju Plaza Senayan.

Adanya layanan baru ini diharapkan dapat membantu warga Bekasi menuju Jakarta menjadi lebih cepat dan nyaman.

“Dengan bertambahnya pelayanan transportasi, khususnya dengan adanya Transjabodetabek Premium ini, diharapkan bisa menarik pengguna kendaraan pribadi untuk pindah ke angkutan massal. Jika berpindah, tentu ini bisa mengurangi kemacetan pada ruas jalan Bekasi -Jakarta,” jelas Bambang.

Bagi pengguna kendaraan pribadi yang akan menggunakan angkutan premium JKAU, BPTJ telah berkoordinasi dengan pengelola Mega City Bekasi yang menyiapkan lahan parkir dengan tarif flat dengan syarat menunjukkan bukti tiket angkutan.

Bambang menambahkan, yang jelas penumpang dari Bekasi dapat sampai lebih cepat ke Jakarta.

Layanan Transjabodetabek Premium menggunakan Jalur Khusus Angkutan Umum dengan metode pengawalan voorijder, start dari depan mal Mega City Bekasi masuk tol Bekasi Barat lalu keluar Tol semanggi dengan destinasi Plaza Senayan.

Rute yang diambil Uji coba tahap II di hari pertama dilakukan pada tanggal 7 hingga 20 september 2017 dengan harga tiket Rp. 15.000 khusus pada hari pertama uji coba dan 20.000 pada hari berikutnya.

Rute yang diambil pada ujicoba tahap II ini yaitu berangkat dari Mega City Bekasi – Semanggi – Gelora Bung Karno – FX Sudirman – Bundaran Senayan – Plaza Senayan. Sementara itu untuk rute balik yaitu dari Plaza Senayan – FX Sudirman – Gelora Bung Karno – Polda Metro Jaya- Komdak – Mega City Bekasi.

Selain lebih cepat sampai ke Jakarta layanan Transjabodetabek Premium juga menawarkan kenyamanan kepada setiap penumpangnya. (Gie)