Begini Cara Penanggulangan Banjir Ala Pemkot Tangerang

kabar6com/indolinear.com
Minggu, 4 Februari 2018

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan terus berbenah guna menghadapi bencana banjir yang masih rutin terjadi diwilayahnya.

Bahkan, dalam setahun terakhir, Pemkot Tangerang telah melakukan sejumlah langkah efektif dalam mewaspadai bencana banjir, seperti melakukan normalisasi kali, sungai, tandon, embung (Cekungan penampung) serta melakukan kerjasama dengan berbagai instansi hingga kementerian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Nana Trisyana mengatakan, sejumlah langkah yang diambil telah menghasilkan bukti, dimana titik banjir yang biasanya terjadi berangsur hilang dan kini hanya masih menyisakan genangan.

“Pembangunan sistem tata air, turap dan jembatan juga akan terus dimaksimalkan. Air sebagai kebutuhan utama masyarakat harus dikelola secara komperehensif agar tak menjadi masalah. Mulai dari pendistribusian air bersih hingga aliran air dari atau ke kali atau sungai,” ujarnya, akhir pekan kemarin.

Selain itu, Nana juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama dan bergandengan tangan dalam mengatasi problem banjir.

“Mengatasi banjir tidak bisa dilakukan secara cepat dan sepihak namun harus melibatkan semua elemen termasuk membangun kesadaran warga dalam menjaga lingkungannya,” katanya

Berikut adalah sejumlah langkah penanganan banjir yang dilakukan Pemkot Tangerang sepanjang Tahun 2017.

– Normalisasi saluran sungai dan embung di 15 lokasi
– Pengerukan dan pembersihan sungai dan saluran pembuang
– Pemeliharaan dan perbaikan pintu-pintu air sejumlah di 261 titik
– Pemasangan U-ditch, box culvert, normalisasi dan rehabilitasi saluran drainase di 523 lokasi
– Pemasangan 20 titik jaring perangkap sampah.
– Pembangunan dan rehab embung/tandon air di 4 lokasi. (Uli)

%d blogger menyukai ini: