Bedanya Mogok Karena Aki Soak Dan Starter Rusak

Sabtu, 30 Desember 2017

Indolinear.com, Jakarta – Aki soak kerap menjadi masalah para pemilik kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Pasalnya, aki soak pada mobil bisa sangat menyusahkan, sebab, mobil akan sulit distarter.

Selain itu, bila sistem kelistrikan mati, perlu tenaga besar untuk mendorong mobil. Sedangkan sepeda motor kemungkinan akan lebih mudah untuk memindahkannya.

Menurut Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, mobil mogok dengan bunyi tret-tret panjang bukan berarti masalah aki soak, melainkan kerusakan pada sistem starter.

“Memang bunyinya akan sama, bahkan hampir mirip. Tapi kalau rusak karena starter khususnya, mobil transmisi manual itu akan sulit didorong. Sebaliknya, kalau aki soak itu masih bisa didorong,” ungkap Parman di showroom Plaza Toyota Pramuka, Jakarta Timur.

Namun jika mobil dengan transmisi matik mengalami aki soak, hal itu justru, mirip seperti starter rusak. Sulit didorong.

Karena itu, lanjut Parman, langkah yang wajib dilakukan jika aki soak hanya perlu ganti aki atau menggunakan sistem jumper. Tentu saja hal tersebut telah dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian aki atau baterai.

Sementara jika starter bermasalah, maka langkah yang harus ditempuh adalah menunggu pihak mekanik atau asuransi untuk menderek mobil.

“Itu kan mesti dibongkar (perangkat starter) baru ketahuan. Kalau memang starter itu rusaknya dari pelat karena bersinggungan jadi sudah aus dan tidak rata,” tuturnya. (Uli)

%d blogger menyukai ini: