2019 Bakal Ada Pasar Tradisional Berbasis Pembayaran Non Tunai di Tangsel

sophie/indolinear.com
Minggu, 18 Maret 2018

Indolinear.com, Tangsel – Kota Tangerang Selatan mewacanakan pasar tradisional berbasis non tunai dalam transaksi. Langkah ini sebagai upaya mengoptimalkan sistem jual beli di Tangsel dan juga jawaban atas kemajuan teknologi yang dibutuhkan masyarakat.

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana, mengungkap tahun 2019, ada tiga pasar yang disiapkan untuk dilengkapi pembayaran menggunakan non tunai. Tiga pasar dimaksud, Pasar Jengkol, Pasar Kita Pamulang dan Pasar Gintung. Pemberlakuannya terang Maya, tergantung dari kesiapan masing-masing pasar dan juga infrastruktur pendukungnya.

“Pasar Jengkol pada 2019 mendatang akan direvitalisasi. Termasuk didalamnya mempersiapkan teknologi non tunai dalam transaksi,” ujar Maya, Kamis, 15 Maret 2018.

Maya menjelaskan Pasar Jengkol akan ditingkatkan statusnya menjadi pasar tipe C. Konsep tetap Pasar tradisional namun dengan desain modern yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Tentunya pasar harus bersih, nyaman, rapi dan memiliki toilet yang nyaman.

Untuk sistem pembayaran atau transaksi di pasar tersebut ungkap Maya, sudah disiapkan menggunakan sistem berbasis non tunai. Salah satunya dengan menggunakan tapping kartu atau menggunakan QR code.

Disperindag juga kan memberlakukan sistem non tunai dalam hal retribusi atau kewajiban pedagang. Setiap pembayaran sewa dilaksanakan langsung melalui transaksi bank.

“Nanti akan kerjasama dengan beberapa bank yang sudah mengembangkan programnya dalam bertransaksi non tunai,” ujarnya.

Masih ungkap Maya, Disperindag Tangsel pun saat ini sedang mempersiapkan sistem informasi harga pokok secara online. Sistem ini akan mempublikasi harga bahan pokok secara update berbasis online kepada warga. Sistem ini  kata Maya, nantinya akan menjelaskan detail harga kebutuhan pokok, informasi yang berkaitan pangan, ketersediaan bahan pokok di pasar dan informasi lainnya yang berhubungan dengan perdagangan.

“Jadi warga tinggal pilih melalui aplikasi nama pasar yang hendak dituju. Lalu nanti akan dijelasan harga dan stok serta penjelasan lainnya. Petugasnya dan peralatannya sedang kami siapkan,” bebernya.(sophie/fin)

Tag Terkait:

%d blogger menyukai ini: